Dulu orang Malaysia ngga seperti orang Indonesia saat ini

17 April 2009






Sumber : Rovicky.wordpress


Aku inget ketika dulu bertemu kawan orang Malaysia di Brunei tujuh tahun lalu ketika saya bekerja di Brunei Shell Petroleum. Dia cerita tentang kondisi Indonesia dan Malaysia. Saya waktu itu menyangjung Malaysia yang akhirnya mendahului Indonesia. Kawan saya yang sama-sama menjadi pendatang di Brunei ini sering aku ajak ngobrol.

Obrolannya begini,

Wah Malaysia sekarang hebat ya, sudah punya gedung tertinggi di dunia“. Waktu itu saya masih katrok banget, belum pernah melihat Twin Tower.

Kata bapak saya dulu, Malaysia ya seperti Indonesia.” Kawan saya ini menceritakan obrolan dengan bapaknya sewaktu dia masih di KL.

Waktu dulu itu,banyak orang Malaysia yang merasa rendah diri kalau dibandingkan dengan Indonesia. Jadi orang Indonesia saat ini merasakan seperti perasaan orang Malaysia jaman bapak saya masih muda” …. Saya ya cuman manggut-manggut saja

Tapi apa menurut kamu ini hanya tukar balik saja ?“, tanya saya

Lantas dia menjawab. “Bisa saja suatu saat nanti Malaysia dibawah Indonesia, dunia kan cuman begitu saja”

Bisa jadi , lantas menurut kamu bagaimana dengan Indonesia saat ini ?

Ketika saya bertanya pada bapak saya, beliau bilang bahwa ada beda antara sikap orang Indonesia dan orang Malaysia

Apa itu?“, tanya saya.

Orang Indonesia sekarang banyak rendah diri tetapi juga menjelekkan bangsanya sendiri. Sedangkan orang Malaysia ini juga waktu itu juga rendah diri, tetapi tidak bersikap menjelekkan bangsa dan negaranya sendiri” … tentunya dengan logat melayunya lah. Yang nada naik turunnya mirip orang Sumatra.

Wah !” … aku kaget lah

Betul, Orang Malaysia itu sering terlalu berlebihan melihat dirinya sendiri.” Tambahnya. “Bahkan kamu heran kalau melihat orang Malaysia tidak merasa dijajah Inggris, kan ?. Ini mungkin karena orang Malaysia memang tidak membenci siapa pendahulunya”

Dalam hati aku jadi mikir, Emang orang Indonesia selalu membenci masa lalunya. Belanda dibenci Soekarno. Soekarno dimusuhi Soeharto. Soeharti dimusuhi reformis …dan seterusnya. Yang ada membenci orang masa lalu“.

Iya kan ?.

Jadi itulah bedanya Malaysia dulu sewaktu masih tertinggal dengan Indonesia, mereka tidak pernah menjelekkan pendahulunya, pemerintahan, negara maupun bangsanya sendiri.

I learn a lot from this country !

0 komentar:

Random Post

Widget edited by Nauraku

Arsip Komentar

Free Image Hosting


 

Top Post

SUARA MERDEKA CYBERNEWS

detikInet