Pria Transgender Melahirkan Bayi Perempuan

06 Juli 2008



LOS ANGELES--MI: Thomas Beatie yang terlahir sebagai seorang wanita namun hidup sebagai seorang pria setelah menjalani operasi dan menerima terapi hormon melahirkan seorang bayi perempuan di sebuah rumah sakit Oregon, demikian laporan majalah "People" Kamis (Jumat WIB).


Beatie, 34, yang tetap mempertahankan organ reproduksi wanitanya pada saat ia secara hukum dinyatakan menjadi seorang pria sepuluh tahun yang lalu, dikonfirmasikan telah melahirkan bayi demikian majalah People melaporkan. Bayi yang lahir tanggal 29 Juni lalau tersebut diperoleh melalui inseminasi buatan dengan menggunakan sperma dari donor dan sel telur milik Beatie sendiri. Beatie dan bayinya dalam keadaan sehat," demikian dilaporkan People.

"Satu-satunya hal yang berbeda adalah, saya tak dapat menyusui si bayi, namun hal itu banyak terjadi pada ibu-ibu lainnya," kata Beatie seperti dikutip majalah People sambil menambahkan keterangan bahwa Beatie tak dapat menyusui bayinya karena telah menjalani operasi pengangkatan payudara. Beatie juga menyangkal berita yang dilaporkan oleh sejumlah media massa bahwa bayinya dilahirkan melalui bedah Caesar namun tak mau memberikan keterangan mengenai proses kelahiran bayinya.

Beaty yang berjenggot tipis mengatakan dalam acara televisi favorit di Amerika Serikat, "The Oprah Winfrey Show" (TOWS) April lalu bahwa dia mulai mengubah gendernya sekitar sepuluh tahun lalu pada saat dia memulai menjalani terapi hormon testosterone dan melakukan operasi pengangkatan payudara dan meratakan dadanya. Ketika ia memutuskan untuk memiliki seorang bayi sekitar dua tahun lalu dia menghentikan terapi hormon pria yang disuntikkan dua bulan sekali dan mulai kembali mengalami menstruasi. Istri Beatie, Nancy, 46, yang dinikahinya lima tahun lalu tak dapat hamil lagi karena telah menjalani operasi rahim sebelumnya. "Saya tak akan melakukan hal ini seandainya kondisinya berbeda," kata Beatie mengacu kepada istrinya yang sudah memiliki dua putri yang dewasa dari pernikahannya yang pertama.

Nancy dalam The Oprah Winfrey Show mengatakan dalam hal menjalankan peran sebagai orang tua, pasangan itu akan menjalani sebagaimana keluarga tradisional lainnya mengingat Beatie telah menjalani perubahan gender, maka Beatie akan berperan sebagai ayah sementara Nancy tentu menjadi ibu, kata Nancy menjelaskan. Beatie dan istrinya yang memiliki usaha kaos oblong di Bend, Oregon menikah secara hukum yang diakui oleh undang-undang yang berlaku di negara Bagian Oregon 2003 lalu.(Ant/OL-06)


Media Indonesia

0 komentar:

Random Post

Widget edited by Nauraku

Arsip Komentar

Free Image Hosting


 

Top Post

SUARA MERDEKA CYBERNEWS

detikInet